TIPS KULIAH ONLINE LEBIH EFEKTIF SELAMA SOCIAL DISTANCING

 Online Quran Teachers | Online Quran Teaching | Quran Host

Assalamualaikum Mahasiswa UTM 2020,,.

Bagaimana kabar perkuliahan hari ini? Masih lancar?,,.

Himbauan dari pemerintah untuk melakukan social distancing, membuat beberapa kegiatan yang kita lakukan harus dikerjakan di rumah. Meskipun banyak hal yang harus dilakukan di dalam dalam rumah, bukan berarti seluruh kegiatan yang kita lakukan bisa terbengkalai kan? Kegiatan tersebut bisa sekali diantisipasi untuk dilakukan dengan baik dan benar selama kita punya niat dan tekad untuk menyelesaikan kerjaan tersebut.

Selama masa social distancing seperti ini, seluruh kegiatan perkuliahan pun juga dilakukan di dalam rumah. Mungkin banyak sekali di antara kita yang masih suka bosen dan malas untuk mengerjakannya. Khususnya untuk Mahasiswa Baru 2020, pastilah sedikit kebingungan, karena harus menjalani perkuliahan secara daring di awal masa perkuiahan. Eits, tapi semua itu jangan sampai membuat membuat kita menjadi malas dan bingung ya, karena UKM LDK MKMI akan membagikan informasi mengenai tips menjalani perkulian online dengan efektif. Simak baik-baik informasi berikut;

 

1. Buang persepsi work from home = libur

Berada di rumah sepanjang hari dan tidak pergi ke kampus rasanya memang seperti saat libur panjang, sehingga membuat kita menjadi malas hingga lupa hari. Agar kewajiban kuliah tidak terbengkalai, maka, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah menanamkan persepsi bahwa work from home tidak sama dengan libur, melainkan tetap menjalankan aktivitas seperti biasa, hanya saja berbeda tempat, sistem, dan suasana. Memang diperlukan waktu dan usaha untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada, selama kamu memiliki kemauan, lama-lama pasti terbiasa. Ingat, Saya Pasti Bisa!.

 

2.      2. Buatlah remainder (pengingat) dan jadwal perkuliahan

Supaya aktivitas di rumah tetap terorganisir, buatlah jadwal aktivitas sehari-hari dan juga reminder untuk deadline tugas agar tidak terlupa. Dengan begitu kita bisa tahu kapan waktu untuk kegiatan perkuliahan dan waktu untuk aktivitas yang lainnya. Jika perlu, sampaikan jadwal kita pada keluarga di rumah, sehingga keluarga dapat mengerti dan tahu kapan kita tidak bisa diganggu untuk sementara waktu.

 

3.      3. Disiplin waktu dalam pengumpulan tugas

Selain melakukan pengecekan jadwal mata kuliah online, kita juga wajib sekali untuk mencatat jadwal pengumpulan tugas yang diberikan oleh dosen. Biasanya, ketika kita melakukan sistem online, kita harus tepat waktu mengumpulkan tugas tersebut. Karena semua sistem tercatat secara online, maka tidak ada toleransi jika kita telat mengumpulkan tugas.

 

4.      4. Simak dengan baik materi perkuliahan online yang disampaikan

Berada di rumah bukan berarti membuat kita seenaknya sendiri dalam melakukan perkuliahan. Kita harusnya lebih bersemangat dan selalu menyimak dengan baik semua materi perkulihan yang diberikan oleh dosen. Tidak hanya itu, kamu juga harus melakukan konsentrasi tinggi agar materi perkuliahan online bisa berjalan efektif.

 

5.      5. Catat hal-hal penting tentang materi perkuliahan

Tidak hanya menyimak saja, kita juga wajib untuk mencatat semua hal-hal penting dalam materi perkuliahan tersebut. Dengan demikian, meskipun perkuliahan tersebut diadakan dalam sistem online, kita masih bisa untuk mendapatkan poin-poin penting saat penyampaian materi online tersebut.

 

6.      6. Cari ruangan yang buat kamu nyaman dan berkonsentrasi tinggi

Namanya juga mengerjakan di rumah, pasti kita susah untuk melakukan konsentrasi saat melakukan perkuliahan oline. Beberapa hal dapat men-distract kita saat kuliah online berlangsung. Nah, maka dari itu kita seharusnya mencari lokasi di tempat tinggal yang nyaman dan tentunya dapat memudahkan kita untuk berkonsentrasi dalam perkuliahan tersebut.

 

7.      7. Pertahankan pola hidup sehat

Meskipun di rumah saja, jangan sampai menjadikan pola hidup kita berantakan, ya! Ada baiknya sebelum menjalankan kuliah online kita sudah mandi atau paling tidak cuci muka agar lebih fresh, pastikan juga kita sudah makan agar bisa konsentrasi penuh. Sempatkan waktu untuk olah raga di rumah agar tubuh tetap sehat dan atur waktu tidur yang cukup, hindari begadang karena bisa membuat kita mengantuk dan tidak fokus untuk mengikuti kuliah online keesokan harinya. Daripada begadang, cobalah untuk bangun lebih awal di jam 3 atau 4 pagi, suasana yang sepi dan tenang bisa jadi waktu yang tepat untuk belajar ataupun mengerjakan tugas.

 

8.      8. Jangan lupa refreshing

Sudah coba fokus belajar, namun masih saja sulit paham? Bisa jadi kita sedang jenuh. Cobalah untuk refreshing dan santai sejenak dari aktivitas dan tugas kuliah, refreshing di rumah bisa kita lakukan dengan melakukan video call dengan teman-teman, memasak bersama keluarga, bermain game, ataupun menonton film. Refreshing sangat penting agar kita tidak mudah stress dan tetap fokus.

 

Nah, Itu tadi adalah tips agar perkuliahan online kita dapat berjalan dengan efektif. Di tengah keadaan seperti saat ini, proses belajar memang jadi lebih sulit dari biasanya, tapi jangan jadikan itu alasan untuk menyurutkan semangat kita ya. Tetap semangat berkuliah online dan stay focus!

Jangan lupa juga untuk mengunjungi sosial media UKM LDK MKMI ( fb; Muslim Rabbani, ig; ldk_mkmi_utm, web; ldkmkmi.trunojoyo.ac.id) untuk mendapatkan informasi mengenai agenda-agenda menarik dari LDK MKMI.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi;

Klik Link Dibawah

083830343368 (Bagas).

081333874707 (Athiya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar