Selasa, 15 September 2020

INI DIA, MATERI DAN SISTEM PELAKSANAAN PKKMB (OSPEK) ONLINE 2020

PKKMB SAKERA 2020 | MATERI EKSISTENSI PENDIDIKAN DITENGAH PANDEMI AMINUDIN  MA'RUF | HARI 2 - YouTube

Assalammualaikum Mahasiswa UTM 2020,,.

Pandemi virus corona berdampak pada segala lini, tak terkecuali dengan kehidupan kampus. Terkait dengan masa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru 2020 (PKK MABA), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) bahkan mengeluarkan panduan khusus untuk ospek mahasiswa baru tahun 2020.

Pada intinya, ospek tidak boleh dilakukan secara tatap muka. Saat dikonfirmasi, Plt. Dirjen Dikti Nizam membenarkan adanya panduan tersebut.

"Pengenalan mahasiswa baru dilakukan secara daring (online)," kata Nizam pada Kompas.com, Kamis (25/6/2020). Lanjutnya, materi yang akan diberikan dalam ospek sudah diatur dalam panduan Dikti.

Menurut panduan dari Dikti, kegiatan ospek dilaksanakan 2-5 hari. Dimulai pukul 07.00-17.00 atau disesuaikan dengan karakteristik serta kebutuhan setiap institusi. Lantas, materi apa sajakah yang akan didapat oleh para mahasiswa baru?

Berikut ini panduan dari Dikti:

 

1.      1. Pembinaan kesadaran bela negara

Materi yang akan didapat maba adalah tentang kesadaran bela negara. Hal ini penting karena ini merupakan bagian dari upaya membangun sistem pertahanan negara. Selain itu juga merupakan upaya yang strategis dalam rangka menumbuhkan sikap dan perilaku setiap warga negara.

 

2.      2. Kehidupan berbangsa dan bernegara

Materinya berupa pemahaman tentang Pancasila sebagai dasar negara atau ideologi negara. Tidak hanya itu, tapi juga Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika.

 

3.      3. Pembinaan gerakan nasional revolusi mental

Revolusi mental adalah tentang Indonesia melayani, bersih, tertib, mandiri, dan bersatu.

4.      4. Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia

Materi tersebut terdiri atas:

-   Pengenalan sistem pendidikan tinggi di Indonesia

-   Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka

- Program membina mahasiswa melalui General Education, yaitu sebuah pendekatan dalam pembelajaran yang menekankan keterkaitan antar cabang ilmu dalam rangka membangun basis yang lebih luas dalam keilmuan dengan saling berdialog antara mahasiswa dari berbagai macam disiplin ilmu.

-  Pengenalan nilai budaya, etika, tata krama, norma kehidupan kampus, plagiarisme, pencegahan pelecehan seksual di kampus, penyalahgunaan narkoba, dan anti korupsi dan terampil serta bijak dalam berkomunikasi melalui media sosial.

-   Pembentukan karakter mahasiswa yang menghargai kemanusiaan dan membangun kesehatan mental mahasiswa.

-     Pencegahan dan penanggulangan intoleransi, radikalisme, terorisme, dan penyebaran paham-paham yang bertentangan dengan ideologi negara.

-      Kiat sukses/motivasi belajar di perguruan tinggi (akademik dan non akademik) serta menggali jiwa kewirausahaan, prospek dan peluang kerja setelah lulus dari perguruan tinggi

-        Kegiatan kemahasiswaan dan organisasi kemahasiswaan.

 

5.      5. Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0

Mahasiswa akan diajak beradaptasi dengan kondisi saat ini, yaitu era revolusi industri 4.0. Selain itu juga mengenal kehidupan baru pasca pandemi (new normal). Materi tersebut penting, mengingat saat ini masyarakat perlu bertahan hidup di tengah pandemi.

 

6.      6. Kesadaran lingkungan hidup dan hadapi bencana

Mahasiswa perlu menyadari pentingnya merawat lingkungan hidup dan bersiap siaga mengahadapi bencana yang bisa datang sewaktu-waktu. Perguruan Tinggi dapat mendeskripsikan materi lebih teknis dan metode pelaksanan yang disesuaikan dengan karakteristik berdasarkan kebutuhan masing-masing dengan tetap berpedoman pada panduan dari Dikti.

 

Nah, itu tadi merupakan informasi mengenai materi dan pelaksanaan PKK MABA online 2020. Tetap semangat ya Ikhwahfillah, janga kesehatan dan tetap fokus! Sukses untuk kita semua.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi sosial media UKM LDK MKMI ( fb; Muslim Rabbani, ig; ldk_mkmi_utm, web; ldkmkmi.trunojoyo.ac.id) untuk mendapatkan informasi mengenai agenda-agenda menarik dari LDK MKMI.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi;

Klik Link Dibawah

083830343368 (Bagas).

081333874707 (Athiya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GEMA RAMADHAN (Kajian Bersama Laziz Al-Haromain Bangkalan)

Meningkatkan Iman, Bukan Hanya Resolusi Ramadhan 👳🏻‍♂️ Ust. Moh. Sofa Faudi, S.Psi. • Iman artinya meyakini dalam hati, mengucapkan dengan...