TIPS SUKSES OSPEK ONLINE (PKKMB SAKERA) 2020

 Ospek Universitas Trunojoyo Madura - YouTube

Assalammualaikum Mahasiswa UTM 2020,,.

Pandemi Covid-19 juga bertepatan dengan penerimaan mahasiswa baru serta penerimaan peserta didik baru di sekolah-sekolah. Kegiatan tersebut tidak hanya terjadi di satu wilayah saja, tetapi juga di seluruh wilayah di Indonesia. Bagi mahasiswa, pelaksanaan UTBK – SBMPTN dan ujian mandiri dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Biasanya, setelah dinyatakan diterima di suatu kampus atau sekolah, akan diadakan Orientasi Studi Pengenalan Kampus (ospek). Aktivitas yang menjadi penanda bahwa calon mahasiswa akan resmi menjadi bagian suatu kampus ini berlangsung seru. Selain mendapatkan tugas yang unik dan lucu, ospek juga melatih sikap disiplin mahasiswa. Ospek juga identik dengan adanya kakak tingkat galak yang tidak akan segan-segan memarahi mahasiswa apabila ketahuan berbuat salah. Sayangnya, tahun ini ospek akan mengalami banyak penyesuaian akibat Pandemi Covid-19.

Untuk mengurangi Pandemi Covid-19, pelaksanaan ospek tidak dilakukan secara langsung. Bisa dibayangkan apabila seluruh mahasiswa baru di suatu kampus berkerumun dan tidak memperhatikan protokol kesehatan. Sebaliknya, Ospek tahun 2020 dilakukan secara online. Meskipun tidak bertemu dengan kakak senior secara langsung, esensi Ospek tidak akan berkurang. Kamu tetap bisa diomelin kakak senior ketika Ospek online. Lalu, bagaimana cara menghindarinya?. Berikut UKM LDK MKMI akan membagikan Tips Sukses Menjalani Ospek Online 2020. Simak baik-baik informasinya;

 

1.      1. Pasang Jadwal Ospek di Tempat Strategis

Karena ospek tidak dilakukan secara langsung, peluang untuk lupa jadwal ospek bisa menjadi masalah. Misalnya saja ada jadwal ospek yang dilakukan pukul 07.00 pagi, tetapi pada jam tersebut kita masih tertidur pulas. Tentunya jika bangun kesiangan dan langsung bergabung ke ruang virtual, kita akan menjadi sorotan. Masalah lainnya yang mungkin saja terjadi adalah kita masuk ke kelas virtual ospek yang salah karena tidak membaca jadwal.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mamasang jadwal ospek di lokasi strategis. Cetak jadwal ospek beserta rincian kegiatannya agar kita tidak lupa. Selain itu, kita juga perlu memasang alarm atau pengingat khusus agar bisa bersiap-siap sebelum ospek dimulai. Tidak ada salahnya stand-by beberapa menit sebelum acara dimulai, siapa tau koneksi internet bermasalah atau paket datamu habis. Apabila kita telah mendapatkan kenalan mahasiswa baru, mintalah saling mengingatkan ketika ospek akan dimulai.

 

2.      2. Pastikan Kuota Internet Mencukupi

Kunci kesuksesan ospek online adalah koneksi internet stabil dan kuota yang mencukupi. Jika kita memasang wifi di rumah, pastikan bahwa tagihan sudah terbayar agar kita dapat menjalani ospek dengan lancar. Pastinya ospek online akan memakan banyak kuota, sehingga bagi kita yang menggunakan data seluler bisa berjaga-jaga.

Cobalah membeli paket kuota yang cukup besar dengan memanfaatkan promo. Biasanya terdapat promo paket data atau promo pembelian pulsa pada awal bulan. Jangan sampai ketika senior menyampaikan instruksi penting, koneksi internet kita terputus dan kita harus meninggalkan ruang virtual.

 

3.      3. Menginstall Aplikasi yang Diminta

Barangkali kita tidak akan mendapatkan instruksi aneh seperti membuat topi dari kardus, menggunakan kaos kaki beda warna, atau menggunakan pita lucu. Tapi, karena ospek dilakukan secara online, bersiaplah untuk menginstall aplikasi yang diminta oleh senior. Pastinya panitia ospek juga akan berusaha membuat ospek online berkesan dan tidak terlupakan.

Bersiaplah untuk mengunduh aplikasi meeting online, seperti google meet, zoom, dan sebagainya. Selain itu, kita juga dapat berjaga-jaga membeli properti tambahan seandainya nanti diminta untuk mengganti background di aplikasi. Misalnya ketika ada penyampaian materi tentang jurusan, seluruh mahasiswa diminta menerapkan background fakultas, dan sebagainya.

 

4.      4. Kerjakan Tugas yang Diminta Kakak Senior

Kakak senior memang tidak bisa mengawasi kita secara langsung. Akan tetapi, bukan berarti kita bisa bersantai dan tidak mengerjakan tugas yang diminta. Usahakan untuk menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan, apalagi jika tugas tersebut berkaitan dengan materi universitas dan jurusan. Harapannya, kita bisa mengenal kampus lebih dekat tanpa harus datang ke lokasi. Jika kita mengabaikan tugas tersebut, bisa saja kita akan merasa bingung ketika perkuliahan dimulai.

 

5.      5. Tidak Memasang Mode “Mute”

Sebisa mungkin, hindarilah mematikan mikrofon atau speaker ketika ada pertemuan virtual. Ini berlaku selama tidak ada instruksi untuk mematikan mikrofon. Agar tetap update dengan informasi dan bisa mendengarkan penjelasan senior, sebisa mungkin kita perlu mengecek kualitas suara. Apabila kita mematikan speaker, bisa saja kita sedang diajak bicara oleh kakak senior tapi tidak menyahut. Alhasil kita akan ditegur, bahkan dihukum.

 

6.      6. Menggunakan Pakaian Sopan

Tetaplah gunakan pakaian yang sopan dan rapi meskipun kita tidak bertemu dengan orang-orang secara langsung. Ospek online memang lebih fleksibel, bahkan kita bisa ospek sambil mengerjakan hal lain meskipun sangat tidak disarankan. Hindari penggunaan kaos oblong atau kaos tidak berlengan. Kenakan kemeja rapi atau pakaian yang sopan dan sudah disetrika. Karena nantinya penampilan kita tidak hanya dilihat oleh senior saja, tetapi juga teman-teman lainnya.

 

7.      7. Fast Respons

Jawablah pertanyaan kakak senior dengan cepat. Ini akan menjadi poin tambahan bagi kita sebagai calon mahasiswa baru. Ketika kakak senior bertanya sesuatu dan kita tahu jawabannya, jangan segan untuk menjawab. Merespon dengan cepat juga bisa kita lakukan ketika diminta kakak senior mengerjakan tugas dan mengumpulkan hasilnya.

 

8.      8. Tidak Terlalu Diam dan Terlalu Aktif

Hindarilah bersip terlalu pasif atau terlalu aktif. Kita boleh kritis, tetapi juga harus tahu cara menempatkan diri. Sebab, di ospek virtual nanti akan ada banyak yang menyaksikan aktivitas calon mahasiswa. Ketika kita tidak paham instruksi kakak senior, kita dapat menanyakannya dengan cara yang santun. Apabila kita terlalu diam dan lebih banyak menduga-duga, tugas ospek yang dikerjakan berpeluang untuk salah.

 

9.      9. Menyapa Kakak Senior

Jangan malu untuk menyapa kakak senior. Bagaimanapun juga, mereka adalah kakak angkatan yang wajib dihormati. Tidak selamanya kakak senior akan berlaku galak. Bahkan, bisa jadi kalian akan saling membutuhkan ketika kegiatan perkuliahan dimulai. Tapi perlu kita ingat bahwa menyapa kakak senior juga dilakukan dengan cara yang sopan.

 

10 10. Tidak Menganggap Serius Kata-Kata yang Menyakitkan

Jika kita diomeli kakak senior, hal yang perlu kamu lakukan adalah tidak memasukkannya ke dalam hati. Setiap orang pastinya pernah berbuat salah. Sangat wajar membuat kesalahan selama kita tahu dimana letak salah dan tidak mengulanginya lagi. Anggap saja omelan dari kakak senior adalah cara untuk menegur kita agar lebih kuat ketika menjalani perkuliahan. Ucapan yang dimasukkan ke dalam hati hanya akan membuat kita lelah dan merasa dendam. Padahal, nantinya kehidupan kuliah akan sangat berbeda dengan aktivitas ketika ospek.

 

Bagaimana Ikhwahfillah, sudah siap menjadi mahasiswa baru? Jangan lupa terapkan Tips diatas supaya ospek online kita dapat berjalan dengan lancar. Meskipun kegiatan ospek dilakukan secara online, kita tetap harus menjaga kesehatan dan menghindari begadang. Jangan sampai ketika kegiatan perkuliahan dimulai, kita kelelahan akibat terlalu stres memikirkan aktivitas ospek.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi sosial media UKM LDK MKMI ( fb; Muslim Rabbani, ig; ldk_mkmi_utm, web; ldkmkmi.trunojoyo.ac.id) untuk mendapatkan informasi mengenai agenda-agenda menarik dari LDK MKMI.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi;

Klik Link Dibawah

083830343368 (Bagas).

081333874707 (Athiya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar