NEWS UPDATE :

Upgrading Pengurus LDK-LDF "Sinergitas Pengurus LDK-LDF Menuju UTM Madani"

Sabtu, 29 Maret 2014


UKM LDK MKMI yang merupakan unit kegiatan yang bergerak di bidang dakwah mengadakan acara upgrading pengurus LDK dan LDF pada hari Sabtu, 22 Maret 2014 yang bertempat di RKB C. Mengusung tema "SINERGITAS PENGURUS LDK-LDF MENUJU UTM MADANI"  diharapkan untuk para aktivis di LDK maupun LDF bisa mengembangkan nilai-nilai dakwah serta mempunyai afiliasi terhadap islam. Mungkin acara ini sederhana, akan tetapi sangat bermanfaat untuk kita semua serta mempererat tali ukhuwah.

Acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh akhi Ikhwan sebagai pembawa acara.  Rentetan acara pembukaan formal yang seperti biasanya berlangsung, dimulai dari pembukaan, tilawah, sambutan sepatah kata dari Dewan Syuro serta ditutup dengan do'a agar acara ini berlangsung hikmat, lancar dan sukses.

Setelah acara pembukaan berlalu, pembaca acara langsung menyerahkan acara kepada moderator yang dikomandani oleh Akhi Pram. Acara inti sendiri yang pertama tentang manajemen dakwah kampus yang diisi oleh Akhi Yanuar Dwi Prianto, S.Kom, salah satu alumni LDK MKMI. Beliau sudah banyak sekali pengalaman-pengalaman yang di dapat ketika join di Dakwah Kampus. Disini saya sedikit menangkap dari apa yang disampaikan beliau, "Bahwasanya dakwah ini harus seragam dengan pemahaman yang ada karena itu syi’ar dan kaderisasi merupakan tulang punggung dari dakwah ini. Objek dari dakwah ini dibagi menjadi dua yakni internal dan eksternal. Internal sendiri sasaran utama adalah dosen, mahasiswa dan karyawan. Sedangkan eksternal sasarannya kepada masyarakat yang membutuhkan dakwah. Syi’ar sendiri bertugas memasarkan dakwah kepada objek sehingga bisa menarik perhatian sedangkan kaderisasi lebih fokus kepada pembentukan dan pembinaan kader”.

Setelah acara pertama usai dilanjutkan dengan sekolah ldk. Ini bertujuan agar aktivis dakwah memiliki kemampuan perencanaan, pengorganisasian, komunikasi serta mampu menggerakkan dakwah di ranah kerja masing-masing. Diharapkan ilmu dan pengalaman yang di dapat dari sekolah LDK ini bisa bermanfaat bagi lembaga dakwah itu sendiri. Selanjutnya beberapa pengurus membentuk kelompok sesuai dengan masing-masing fungsi lembaga dakwah yaitu, syi’ar, humas, kaderisasi, kemuslimahan dan pengurus harian untuk membicarakan program kerja, sharing-sharing kendala yang dialami dari berbagai bidang, saling berbagi tips, nasihat dan masih banyak hal lain yang bertujuan membangun sinergitas gerak antar LDK-LDF yang ada di lingkup Universitas Trunojoyo.

Setelah Istirahat sholat dhuhur dilanjutkan dengan presentasi program kerja antar LDK-LDF.  Hal ini bertujuan saling berbagi informasi mengenai program kerja dari Ketua masing-masing LDF dan LDK sehingga mereka (pengurus) bisa memahami kelebihan dan kekurangan dari masing program kerja yang disampaikan.

Setelah istirahat sholat ashar materi dilanjutkan dengan sinergitas dakwah kampus yang mana ini disampaikan oleh Demisioner Ketua LDK MKMI 2013, Akhi Afzal. Dalam perjalanannya, dakwah kampus membutuhkan sinergitas antar elemen-elemen penyusunnya. Sinergitas yang dibutuhkan dakwah ini sangat beragam, mulai dari sinergitas sumber daya masyarakat yang merupakan aset paling terbesar dakwah hingga ke ranah sinergitas gerak elemen dakwah kampus. Tanpa adanya sinergitas, dakwah kampus akan kehilangan arah yang nantinya akan menghilangkan eksistensi dakwah kampus sendiri. Ada dua fungsi yang harus diperhatikan dalam sinergitas dakwah yakni struktural dan fungsional.

Secara struktural, bagaimana  ada sebuah pola komunikasi dan koordinasi yang optimal antara LDK dan LDF. Ibaratnya, LDK sebagai orang tuanya serta LDF sebagai anal-anaknya. Jadi bagaimana sinergitas yang ada benar-benar mampu memposisikan LDK sebagai payung LDF yang mengayomi seluruh LDF di bawahnya. Sedangkan secara fungsional, setidaknya 3 fungsi strategis yang diprioritaskan untuk mensinergiskan antara LDK dan LDF yakni: kaderisasi, syi’ar dan jaringan.


Sekitar pukul 17.30 kegiatan Upgrading LDK-LDF sudah berakhir. Kami berterima kasih kepada pengurus LDK maupun LDF yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti acara ini demi memajukan dakwah di kampus. Semoga bermanfaat dan langkah kita dipermudahkan untuk berdakwah. (Kaconk Muslim)
Share this Article on :

0 komentar :

Posting Komentar

 

© Copyright LDK MKMI Universitas Trunojoyo Madura 2013 | Design by Wildanul Mtv .