NEWS UPDATE :

Indahnya Kebersamaan MABIT

Kamis, 20 Maret 2014


Bangkalan - LDK MKMI UTM mengadakan agenda malam bina iman dan taqwa atau yang disingkat MABIT yang berlangsung pada tanggal 15-16 Maret 2014. Beberapa peserta datang dari berbagai kampus lain ditambah lagi dengan beberapa LDF yang ada di fakultas turut meramaikan acara ini. Mereka yang hadir sangat antusias dan semangat membara untuk menambah ilmu yang nantinya bisa diterapkan dalam dakwah ini. Dengan  mengusung tema "Menyatukan Gerak Dakwah", diharapkan para aktivis bisa memperdalam nilai dakwah serta bisa membuat suasana kampus yang madani untuk kedepannya.

Acara dimulai tepat jam menunjukkan pukul 16.00 di Auditorium UTM. Sederetan acara dimulai dari pembukaan sampai penutup plus do'a supaya acara berlangsung dengan hikmat dan sukses. Nuansa ukhuwah pun sangat terjalin kuat antara peserta yang mengikuti acara ini. Acara pembukaan berjalan lancar tanpa ada kendala. Setelah pembukaan selesai dimulailah acara kajian. Pada materi ini membahas mengenai "Quantum Ikhlas" yang disajikan oleh Bapak Hamdi Mubarok, ST., M.Eng,  salah satu dosen Fakultas Teknik. Beliau memaparkan  bahwasanya ikhlas merupakan menyerahkan diri kepada Tuhan. Menjalani hidup hanya untuk-Nya, dengan mengandalkan bimbingan dan bantuan-Nya disemua bidang kehidupan. Hal ini quantum ikhlas dibagi 4 bagian, yang digambarkan melalui model kuadran. Yaitu beta yang terdiri dari kognitif dan aktif, alpha yang terdiri dari khusyu' dan ikhlas, tetha terdiri dari sangat khusyu' dan ikhlas serta delta yaitu tidur lelap dan tidak ada pikiran dan perasaan.  Di akhir materi ada satu kalimat yang sekiranya bisa memotivasi kita yaitu "Go ikhlas and Get sucess".

Kemudian setelah sholat magrib berjamaah, membaca al ma’tsurat secara bersama-sama dilanjutkan dengan ta’aruf, bercengkrama dan berdiskusi dengan peserta mabit. Seperti pepatah bilang, tak kenal maka ta’arufan. Dengan berta’aruf kita bisa saling mengenal dan terjalin ukhuwah di antara kita (dari latar belakang universitas berbeda).

Kegiatan pun dilanjutkan dengan sarasehan antar LDK, LDF dan FSLDK. Acara ini bertujuan untuk saling berbagi informasi mengenai program kerja yang disampaikan dari ketua LDK, LDF dan FSLDK sehingga mereka pun juga memahami kelebihan dan kekurangan dari program kerja. Setelah itu, para peserta beristirahat supaya nanti shalat tahajjudnya tidak terlambat.

Pada hari ahad dini hari, acara diawali dengan shalat tahajjud kemudian dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah. Setelah sholat shubuh dilanjutkan dengan riyadhoh yaitu bermain futsal. Sebelum pertandingan futsal dimulai, para peserta melakukan pemanasan berupa senam dan lari-lari. Kemudian permainan di mulai. Saat permainan dimulai para peserta dengan semangat dan penuh kekompakan melakukan kegiatan tersebut. Kegembiraan tersirat dari wajah-wajah mereka. Walaupun, pada akhirnya ada beberapa ada yang kalah dan menang. Akan tetapi  keakraban pun semakin terjalin kuat antara peserta. Itulah indahnya kebersamaan :-) (Ik)
Share this Article on :

0 komentar :

Posting Komentar

 

© Copyright LDK MKMI Universitas Trunojoyo Madura 2013 | Design by Wildanul Mtv .