NEWS UPDATE :

Mentoring Ajak Mahasiswa Akrab Dengan Pelajaran Agama

Jumat, 08 November 2013



Salah satu pelajaran tambahan bagi mahasiswa baru atau mahasiswa lama adalah mengambil materi mentoring sebagai salah satu materi tambahan untuk mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI). Di Universitas Trunojoyo Madura kegiatan mentoring ini berlangsung dari hari senin sampai hari kamis.

Kurang lebih ada sekitar 400 orang yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai jurusan setiap hari mengikuti kegiatan mentoring. Dalam kegiatan ini  para peserta diwajibkan untuk hadir tepat waktu dan kemudian mendengarkan  materi mengenai pelajaran agama dari para dosen UTM yang mendapatkan jatah mengisi materi. Kemudian para peserta dibagi secara berkelompok dengan didampingi seorang mentor. Di dalam kegiatan ini para peserta dinamai mente sedangkan pendamping diberi nama mentor.

Para mentor yang ditugaskan untuk menjadi teman sharing dan teman untuk menambah penjelasan pemateri bisa mengajak para mente nya untuk tidak hanya terpaku di dalam masjid. Ada yang memberikan materi di luar masjid dan duduk-duduk di sekitar arena persawahan.

Salah satu kegiatan penting dalam mentoring ini adalah untuk menambah dan memperkenalkan dasar-dasar pengetahuan agama islam bagi para peserta. Di silabus materi mentoring, para mente mendapatkan materi mengenai tata bersuci (thaharah), tajwid, dan beberapa materi mengenai pengembangan diri.

Menurut penjelasan dari pengurus mentoring yang tidak mau disebutkan namanya bahwa kegiatan urgen dari mentoring adalah mengajak mahasiswa akrab dengan pelajaran agama. Sebab tidak semua mahasiswa dan mahasiswa di UTM mengenal dan sudah akrab dengan pelajaran agama. Dengan itu, maka mentoring jadi solusi bagi mereka.

Kurang lebih 10 kali pertemuan dalam satu semester para mente mendapatkan kesempatan untuk menambah nilai kuliah dalam materi kuliah pendidikan agama islam yang dalam mentoring nilainya satu SKS. (Fendi_Humas UTM)


Share this Article on :

2 komentar :

donyapc mengatakan...

Informasinya sangat bermanfaat, berikut ini ada contoh soal psikotes gambar/ BAUM tes, download software gratis, dan download blogger templates seo responsive.

akifa naila mengatakan...

Tipsnya oke banget gan. Mampir juga ke Perumahan Baru di Tanggerang, Tutorial Komputer, Jasa Backlink Murah

Posting Komentar

 

© Copyright LDK MKMI Universitas Trunojoyo Madura 2013 | Design by Wildanul Mtv .