NEWS UPDATE :

PERS & IT LDK MKMI Ajak Anggota LDK-LDF Gemar Menulis Esai

Minggu, 03 November 2013


Dept. Pers dan IT  yang merupakan salah satu Departemen yang ada di Lembaga Dakwah Kampus Majelis Kajian Mahasiswa Islam (LDK MKMI) menyelenggarakan Pelatihan menulis esai  untuk seluruh anggota LDK dan LDF yang ada di lingkungan Universitas Trunojoyo Madura. Kegiatan pelatihan esai ini menghadirkan Ach. Nurcholis Majid selaku pembicara. Selama kurang lebih dua jam, lelaki yang pernah menjuarai penulisan esai terpuji Tempo Institute ini berbagi tips dan trik serta pengalamannya dalam menulis esai kepada peserta. (2/10).

Di hadapan kurang lebih tiga puluh peserta yang merupakan anggota dan pengurus LDK maupun LDF,  Nurcholis Majid menjelaskan dasar-dasar menulis esai dan penjelasan mendasar mengenai esai itu sendiri.

Di awal materinya, Nurcholis menjelaskan dan mengajak peserta untuk menjelaskan alasan-alasan mendasar kenapa mereka ingin menulis. Nurcholis juga meminta kepada peserta untuk mengeluarkan uneg-uneg mereka tentang perihal dunia tulis menulis sehingga persoalan mereka itu bisa dicari solusinya.

Kegiatan pelatihan esai ini ditempatkan di Aula Ruang Kuliah Bersama D Universitas Trunojoyo Madura. Adapun tujuan kegiatan ini, menurut penjelasan dari Panitia sebagai salah satu bentuk untuk mengajak seluruh anggota dan pengurus LDK dan LDF untuk aktif dalam kegiatan tulis menulis. 

Pada sesi terakhir materi, Fendi yang menjadi moderator memberikan kesempatan kepada empat orang peserta untuk bertanya banyak hal mengenai persoalan kepenulisan. Ahmad Waqi, salah satu peserta bertanya perihal adanya rasa malu untuk menyebarkan tulisan-tulisannya yang dibuat. Untuk pertanyaan itu, Nurcholis Majid menyampaikan agar si penanya tadi sering-sering membaca buku-buku bagus dan juga memberikan tulisannya kepada pembaca agar bisa dinilai dengan cara dilakukan editing terlebih dahulu termasuk mengenai ejaan, struktur dan tata bahasa yang ada  di dalam tulisan itu.

Sebelum kegiatan ini berakhir, pembicara memberikan kenang-kenang berupa buku berjudul Takjil yang ditulis sendiri oleh Nurcholis Majid kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pemateri dan satu buku lagi buat LDK MKMI. (tt)





Share this Article on :

0 komentar :

Posting Komentar

 

© Copyright LDK MKMI Universitas Trunojoyo Madura 2013 | Design by Wildanul Mtv .