NEWS UPDATE :

Aktifis oh aktifis

Selasa, 22 November 2011


Sebut aja JULEHA  seorang akhwat asal betawi tahun ke tiga Fakultas Ilmu Sosial di salah satu perguruan tinggi negri di jawa timur.seorang akhwat yang satu ini memiliki hobi berorganisasi,saking semangat nya berorganisasi semua kegiatan oraganisasi di libas(di ikuti) nya, dari mulai ROHIS (rohani islam) atau LDK ,BEM Fakultas. Organisasi ke islaman diluar kampus,seni budaya dan ikatan alumni SMA nya yang di bentuk oleh temen-temen semasa sma dulu..ck..Ck..CK. banyak banget YA...!!!!
Bisa kebayangkan my bro kesibukan si juleha, berangkat pagi-pagi buta, ketika ayam-ayam berkokok,dia langsung cabut dari rumah menuju kampus. pulangnya bagaimana?? jangan ditanya maghrib udah nyampe kost aja udah bagus, minimal pulang nya jam sembilan sampai tuh kostan , sampe-sampe juleha malu tuh sama gembok pintu kost.
Masa aktivis pulang nya sore sih?” “ujur juleha sambil nyengir-nyengir kuda”.
Perlu diingat loh aktifis juga manusia, buktinya orang tua juleha sering mengeluh-ngeluhkan kenapa juleha nggak pulang-pulang, sekalinya pulang paling Cuma sehari, padahal liburan nya sebulan,,heheh ngapain aja dikampus?.,belum lagi keluhan dari temen-temen kost nya, juleha sering nggak taat sama tatib yang udah di buat di kostan nya, mulai dari nyuci,menyapu mengepel bahkan masak aja nih juleha nggak bisa.,,ck..wehh..ckk,,ironis ych..ayo siapa ikhwan yang mau sama juleha????.
Selain itu juga dengan segudang dan sejuta aktifitas nya sampai tidak semapat bersenda gurau sama orang-orang terdekat nya,orang tua atau teman2 nya..hey my bro inget loh,,sesibuk-sibuk nya kita keluarga punya hak terhadap kita,
So jadi gimana cara nya dengan segudang aktifitas my bro bisa tawazun(seimbang) dengan antara aktifitas dan keluarga nya.???
Kemudian gmana cara nya biar dakwah kita dapet restu dari orang tua?.
Pertama adalah komunikasi... eh my bro jangan sekali-kali sepelekan yang nama nya komunikasi.my bro coba deh antum terbuka kepada orang tua atau sama kaka my bro tentang kondisi dakwah atau aktifitas yang my bro jalanin ,misal nya cerita kenapa harus berangkat pagi-pagi buta dan kenapa juga harus pulang malam.alangkah baiknya my bro ceritakan semua dech tuh segudang aktifitas may bro.dari mulai rapat BEM,rapat konsolidasi LDK,aksi mendukung palestine,shereing kekeluaraga kita.kalo memang kita terbuka insyaallah my bro keluarga kita akan memahami kondisi kita.dan nggak bakal timbul stetmen negatif terhadap kita.selain itu my bro komunikasiyang efektif bisa membantu kita mendidik dan memberikan pemahaman kita sama keluarga kita mana yang benar dan mana yang salah,mana yang sesuai dengan syariat dan mana yang melanggar syariat.jangan langsung2 kita bilang itu bid’ah bu nggak boleh ini bid”ah yang ada nanti malah my bro disangka ikut aliran sesat lagi,ck..ckk,ckkk..
Kedua my bro adalah menajemen waktu ini nih hal yang kelihatan nya mudah tapi sulit sekali buat di jalanin ,,padahal penting nih.,.!!!my bro harus pintar2 membagi atau memanajemen waktu.antara dikostan atau dirumah dan di kampus for exemple kalo kita maupulang malem2 kita selesaikan dulu pekerjaan pekerjaanyang adadikost ataupun di rumah seperti menyapu,ngepel nyuci piring,masak nasi,dll harus my bro selesaikan dulu.,di jamin deh mama yang sudah siap marah2 kalo kamu nanti pulang malam jadi tersenyum manis.”mungkin uang jajan my bro di tambahin..heheh(ngarep)duh baik nya mama”.
Ketiga my bro menentukan skala prioritas pernah ngak mendengar penting-mendesak, penting tidak mendesak ,tidak penting tidak mendesakkan?nahini semua my bro harus di pertimbangkan dengan baik,misalnya gini contoh besok kaka my bro mau nikahsemua anggotakeluarga wajib dateng dilahin pihak my bro mempunyai tugas menjadi sie konsumsi acara LDK misalnya.my bro harus mempertimbangkan skala prioritas mana yang lebih penting,sebener nya siekonsumispenting juga sih tapimenurut saya lamaran acara kaka lebih penting dech....inikan sekali dalam kehidupan kaka my bro,sedangkan sie konsumsi masih bisa kita wakilkan.
My broapalah arti dakwah kita jika nggakdi dukung ama keluarga.!!!!dan apalah arti nya kehebatan kita di luar jika keluarga danteman satu kost nggak ngeridhoi...jadi tawazun(seimbang) lah solusinya........^_^

Tunggu tulisan lain nya..ych...

(Serial tulisan gaul Departemen PPSDM)

Share this Article on :

0 komentar :

Posting Komentar

 

© Copyright LDK MKMI Universitas Trunojoyo Madura 2013 | Design by Wildanul Mtv .