NEWS UPDATE :

Gambaran Dunia Kuliah Buat Kamu yang Baru dan Akan

Minggu, 31 Agustus 2014

Hai adik-adik yang baru masuk kuliah! Hai juga kamu-kamu yang udah diterima di kampus pilihanmu! Kalian mau nggak ikut MLM saya?!

Oke, abaikan.

Nggak kerasa banget ya, setelah sekian tahun menjalani masa-masa SMA (yang katanya indah itu) kini kamu udah mau masuk ke jenjang berikutnya bernama perkuliahan. Pasti banyak di antara kamu yang basih blank tentang bayangan kuliah itu seperti apa, dan di antara kamu juga pasti masih banyak yang bingung, kuliah itu gimana sih? Enak nggak sih? .

Oke, kurang lebih beginilah gambaran perkuliahan itu.

1. Gaya Belajarnya

Gaya belajar di kampus jelas beda dengan gaya belajar di SMA. Perbedaan yang paling jelas adalah, kalau pas SMA itu guru yang datang ke kelas, nah kalau kuliah itu kamu yang datang ke kelas. Simple-nya gini lah, SMA itu si gebetan yang nyemperin kamu, sedangkan kalau kuliah, kamu yang nyamperin si gebetan.

Metode belajarnya mungkin mirip. SMA itu ada siswa dan ada guru, kalau kuliah itu ada mahasiswa dan dosen. Tugas dosen dan guru hampir mirip, memberikan materi lalu kemudian muridnya disuruh mecahin masalah-masalah yang berhubungan sama materi tersebut.

Oh iya, di kampus itu biasanya dosen lebih cuek daripada guru. Guru itu kan suka maksa biar kita nulis apa yang ada di papan tulis, nah kalau dosen nggak. Biasanya dosen bodo amat mahasiswanya mau nyatet atau nggak. Nanti juga terserah kamu aja, mau nyatet atau nggak. Di sini nih kamu dituntut untuk nunjukin kedewasaan kamu dalam belajar.

Intinya kurang lebih ini yang dianut dosen kuliah: “Kuliah kamu yang bayar, mau lulus apa nggak terserah kamu, mau lulus dengan nilai apa terserah kamu. Apa yang kamu lakukan mencerminkan hasil akhirnya nanti.”

2. Mata Pelajaran >> Mata Kuliah

Soal mata pelajaran, mungkin kamu bisa nanya ke orang ini:

Kenalin, nama saya Juan Mata Pelajaran

Kalau pas SMA kan namanya “mata pelajaran”, nah kalau kuliah itu namanya “mata kuliah”, kalau band melayu itu namanya “Matta Band”.

Dalam hal mata pelajaran, di kampus tentu beda sama di sekolah. Kalau di sekolah kan mata pelajarannya udah ditentuin sama sekolah, nah kalau kuliah itu kita sendiri yang mata kuliahnya. Jadi nanti di awal semester kamu bakal milih mata kuliah apa aja yang akan kamu ambil di semester ini. Misalnya, semester 3 kamu mau ambil mata kuliah A, B, atau C.

Tapi ada juga loh kampus yang menyediakan sistem paket dalam pemilihan mata kuliahnya. Sistem paket itu jadinya si kampus udah nyediain mata kuliah apa aja yang bisa kamu ambil dalam semester ini.

Bentar-bentar, pegang kepala dulu. Pusing.

3. Masuk Kelasnya

Kalau zaman sekolah kan masuk sekolah itu jam 7 lalu pulang jam 12. Atau kalau yang bandel, biasanya masuk jam 9, jam 11 udah cabut. Nah kalau kuliah beda. Jadi kalau kuliah itu kamu masuknya sesuai jam mata kuliahnya aja. Misalnya, mata kuliah X mulai pukul 08.00 sampai 10.00, ya udah kamu masuk jam 8 aja. Jangan kerajinan kuliah jam 8, datengnya jam 5 subuh.

Kalau sekolah kan masuk jam 7 pulang jam 12 itu tiap hari, nah kalau kuliah nggak gitu. Jadwal kuliah kita tergantung jadwal mata kuliah kita. Misalnya hari ini ada 3 mata kuliah dari jam 8 sampai jam 3 sore, ya udah berarti 7 jam tuh di kampus (gempor-gempor deh tuh). Atau kalau hari ini cuma ada 1 mata kuliah, ya udah abis kuliah langsung pulang aja.

Oh satu lagi, kadang-kadang kuliah itu jam belajarnya suka diganti seenak jidat bapak/ibu dosen. Misalnya dijadwal masuknya jam 8 pagi, eh karena jam 8 paginya si dosen ada acara, kuliahnya jadi dimajuin ke jam 6 pagi. Pffft, pasti nanti ngalamin deh hal-hal kayak gini.

Kalau libur, anak kuliah jangan senang dulu. Itu bukan berarti nggak belajar, tapi siap-siap aja dapet kelas pengganti di hari berikutnya. Misalnya, Kamis kamu libur kuliah, mata kuliah Kamis akan minta jam pengganti misal di hari… Sabtu. Mamam deh gak bisa malam Mingguan.

4. Tugasnya

Sepengalaman saya, tugas kuliah itu kayak neraka yang paling bawah. Kebetulan saya kan dari jurusan jurnalistik, jurusan yang fokusnya ke bidang penulisan berita, produksi berita, dan lain-lain. Nah, tugasnya itu gokil-gokil. Tugas yang biasa saya dapat dari dosen itu biasanya tugas merangkum dan menganalisis satu buah buku. Bukunya bukan buku kecil, bukunya itu tebeeel banget bahkan ada yang sampai 600 halaman. Belum lagi tugas neliti berita, tugas liputan kelapangan, motret, bikin makalah, presentasi,….. Wah pokoknya kerja rodi lah.

Lalu bukan itu aja, biasanya ada juga dosen yang ngasih tugas dan ngasih deadline di hari yang sama. Beuh kalau udah kayak gitu, bahu udah kayak ngangkat dua beban sekaligus. Yang kiri ngangkat bulan, yang kanan ngangkat planet Mars. Nggak ada deh itu bahu disenderin pacar. (Ya soalnya pacarnya juga nggak ada).

5. Nilainya

Kalau soal nilai, biarlah Allah yang menilai kita.
Kalau soal nilai, bedanya itu cuma angka sama huruf. Kalau zaman sekolah dinilai pakai angka, nah kalau kuliah pakai huruf. Dapet nilai A itu sama dengan 4, B itu 3, C itu 2, D itu 1, E itu, dan F itu FARAAAAAAH.

Banyak yang nanya kuliah itu enak nggak sih? Ya jawabannya enak nggak enak. Enaknya adalah kuliah itu pelajarannya lebih terfokus, menunjang banget buat kerja nanti, dan ilmu yang didapat juga banyaaak banget. Lalu nggak enaknya itu paling pas ada tugas, pas nggak ada temen, dan pas males. Semua hal yang nggak enak sih harusnya bisa dilawan, karena yang nggak enak itu biasanya muncul dari diri kita sendiri.

Memang sih, sebelum kuliah itu bayangan tentang kuliah suka mengawang-awang. Ada yang mikirnya itu beuh enak kuliah nani bebas, bisa main sana sini, ngegaul di kampus, dan lain-lain. Tapi semeng-awang-awang apapun, janganlah kamu berespektasi terlalu tinggi. Kalau kamu ngabayangin kuliahnya enak banget, wah bisa-bisa nanti kecewa.

Semua uraian di atas, sifatnya masih umum, dan mungkin kamu juga belum ngerti-ngerti banget. Tapi santai kok, nanti juga pas ngejalanin kuliahnya pasti terbiasa.

Kalau masih ada pertanyaan, free banget untuk ditanyain. Tanya aja di kolom comment ya!


Sumber : http://www.nyunyu.com/main-article/detail/gambaran-dunia-kuliah-buat-kamu-yang-baru-dan-akan-masuk-perkuliahan#.VAJM1JOSziw
Share this Article on :

0 komentar :

Posting Komentar

 

© Copyright LDK MKMI Universitas Trunojoyo Madura 2013 | Design by Wildanul Mtv .