Rabu, 09 Mei 2018

AKTUALISASI KEPEMIMPINAN DALAM MLC 4.0


Foto bersama panitia dan peserta

WARTA MKMI—MLC 4.0 baru saja selesai dilaksanakan (4-6/5/2018) di Bumi Perkemahan Kakek Bodo, Tretes, Pasuruan. Dengan mengusung tema “Aktualisasi Jiwa Kepemimpinan Yang Cerdas Dan Bertanggung Jawab Sebagai Tombak Jati Diri Muslim”, kegiatan ini sukses dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut.

Pemberian wawasan "Hierarki Manajerial Kepemimpinan"

Bekerjasama dengan Lembaga Dakwah Fakultas SEFIS, kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 70 peserta gabungan MLC (Muslim Leadership Camp) dan ELC (Economic Leadership Camp).  Berbagai kegiatan untuk meningkatkan aktualisasi kepemimpinan dilaksanakan, seperti pemberian materi mengenai “Hierarki Manajerial Kepemimpinan Organisasi” hingga wawasan mengenai “Communication For Dakwah” serta “Urgensi dan Totalitas Perjuangan Dakwah.”

 
Sholat Berjamaah

Mengusung konsep “Be The Best Leader For The Best Future”, kegiatan ini juga diisi dengan berbagai kegiatan untuk melatih kemandirian para kader dakwah, seperti qiyamul lail, menghafal ayat-ayat Al-Qur’an, tilawah, sholat sunnah rawatib, sholat sunnah dhuha, hingga juga harus tersenyum dan mengucapkan salam apabila bertemu dengan saudaranya sesama muslim.

Pemasangan Tenda

Selain itu, para peserta juga dianjurkan untuk melakukan sholat berjamaah secara mandiri di masing-masing kelompok, makan bersama peserta dan panitia, serta saling bekerjasama untuk menyelesaikan tugas kelompok, seperti memasang tenda hingga membuat bendera kelompok. Tujuannya agar mereka mampu secara mental memimpin kelompoknya serta melatih tanggung jawab dan kerjasama.
  

Lomba Memasak
Kegiatan lain yang juga tidak kalah seru adalah lomba memasak yang dilakukan peserta. kegiatan ini tentu saja bertujuan untuk melatih kreatifitas masing-masing kelompok dalam menyajikan bahan-bahan sederhana menjadi luar biasa.

Makan Bersama

Selain itu, outbond yang disajikan dalam kegiatan ini juga tak kalah menantang. Para peserta ditantang untuk memecahkan teka-teki yang rumit untuk melatih reflek dan kemampuan nalar masing-masing individu.

Outbond peserta ikhwan

Hal yang paling mengharukan adalah ketika manajemen konflik sebelum ikrar dilaksanakan. Menko yang disajikan dalam MLC 4.0 memaksa seluruh peserta untuk saling peduli satu sama lain. Mereka dihadapkan pada ujian pilihan untuk sebuah kebersamaan kelulusan sebagai salah satu alumni MLC 4.0.
 
Menejemen Konflik

Terakhir, penutupan sekaligus pemberian hadiah bagi peserta terbaik ikhwan-akhwat, kelompok terbaik ikhwan-akhwat serta peserta paling peduli ikhwan-akhwat.

Pemberian Hadiah

Rahma, salah satu peserta dari program studi Agribisnis mengatakan bahwa ia sangat menyukai kegiatan ini. ia mengatakan kegiatan ini seru dan berharap dapat terus berlanjut hingga ke depannya.

Berbeda dari Rahma, Sofyanut Tauri selaku ketua umum LDK MKMI berharap kegiatan ini dapat menjadi cikal bakal lahirnya kader-kader dakwah yang mampu memasang strategi luar biasa untuk generasi ke depannya.

“Jika ada sebuah lilin yang menyala di antara sepuluh lilin yang padam, maka lilin tersebutlah yang akan menghidupkan lilin-lilin lainnya. Begitupun dengan dunia dakwah yang diibaratkan lilin yang menerangi kehidupan.” Ujarnya. (Hal/Humas&Media)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GEMA RAMADHAN (Kajian Bersama Laziz Al-Haromain Bangkalan)

Meningkatkan Iman, Bukan Hanya Resolusi Ramadhan 👳🏻‍♂️ Ust. Moh. Sofa Faudi, S.Psi. • Iman artinya meyakini dalam hati, mengucapkan dengan...