Kamis, 09 Maret 2023

Pelantikan, Rapat Kerja, dan Upgrading Pengurus 2023

 



Pelantikan dan Rapat Kerja LDK-MKMI 2023


    Alhamdulillah, acara pelantikan dan rapat kerja LDK-MKMI berlangsung lancar tanpa hambatan. Acara ini berlangsung pada 17 - 19 Februari 2023 di SDIT Ulil Albab, Kamal dengan tema "Bismillahirrahmanirrahim Regenerasi Pengurus LDK-MKMI Lillahi ta'ala". Dalam acara ini, memfokuskan pada peremajaan kepengurusan, komitmen, dan istiqomah pengurus selama satu periode kedepan. Pemilihan tema "Bismillahirrahmanirrahim" berarti sesuatu harus menyebut nama Allah SWT, agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankannya, seperti halnya dalam memulai roda organisasi ini. Kata "Lillahi ta'ala" juga bermakna menjalankan sesuatu harus berdasarkan niat tulus karena Allah ta'ala, sebagaimana dalil yang berbuny "Sesungguhnya segala sesuatu tergantung dari niatnya".
    
    Dengan pembacaan teks ikrar pengurus yang terdapat kalimat "Syahadat dan Basmalah" harapannya pengurus dapat benar-benar memegang teguh apa yang telah menjadi komitmen dan dapat mengemban amanah sesuai kemampuan masing-masing. Selain itu, kalimat motivasi dari ketua umum terpilih akhina Doni dan Pembina UKM LDK-MKMI 2023 Bapak Doni Burhan Noorhasan, Lc., M.A., seakan-akan menambah semangat pengurus dalam melanjutkan estafet dakwah ini.
    
     Setelah serah terima jabatan dan pembacaan ikrar, dilanjutkan rapat kerja oleh seluruh departemen, dimana departemen yang disepakati oleh Pengurus Harian meliputi Departemen PPSDM, Syiar, Media, dan Kemuslimahan, sedangkan Departemen Humas dimerger dengan Departemen Syiar dan Departemen Rumah Tangga dan Usaha (Rumus) dimerger ke Pengurus Harian, sehingga dua departemen ini tidak dibentuk selama periode ini.

    Dalam rapat kerja, beberapa proker yang baru dan disetujui oleh pengurus yakni Tabligh Akbar. Adapun program kerja kajian-kajian yang dikembangkan lagi dan sering untuk diadakan demi membawa perubahan menjadi kampus madani.

      Selain pelantikan dan raker, ada juga kegiatan Upgrading Pengurus yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa-jiwa pemimpin dan melatih untuk mejadi seorang leader pada bagiannya masing-masing yang diisi oleh Akhina Zakaria Bagas selaku Demisioner, materi 10 muwasshofat yang diisi oleh Akhina Ari selaku Demisioner dan materi sejarah LDK yang diisi oleh Ustadz Yanuar selaku Demisioner. Dengan adanya materi-materi tersebut, tentunya kewajiban pengurus untuk mengenal lebih dalam LDK dan kewajiban agar senantiasa berdakwah dalam kehidupannya, serta menjadi sosok muslim yang berlandaskan 10 kriteria, antara lain :

1. Salimul Aqidah
    Berarti setiap muslim memiliki aqidah yang bersih dan memiliki ikatan kuat dengan Allah SWT, sehingga ia tidak akan menyimpang dari jalan Allah SWT. 
2. Shohihul 'Ibadah
    Berarti setiap muslim harus beribadah dengan cara yang benar dan sesuai dengan waktunya
3. Matinul Khuluq
    Berarti setiap muslim harus memiliki sifat yang tangguh dalam kondisi apapun
4. Qowiyul Jismi
    Berarti setiap muslim harus memiliki fisik yang kuat untuk menjalanan kehidupan sehari-hari dan menjalankan ibadahnya
5. Mutsaqqaful Fikri
    Berarti setiap muslim harus memiliki daya pikir yang kuat dan mampu menyelesaikan tiap persoalan yang datang
6. Qadirun Al-Kasbi
    Berarti tiap muslim memilki sifat yang suka bekerja keras dan dilarang untuk bermalas-malasan terutama yang bermuara ibadah kepada Allah SWT
7. Munazzamun Fii Syu'nihi
    Berarti setiap muslim memiliki keteraturan dalam suatu urusan
8. Harisun 'ala Waqtihi
    Berarti setiap muslim mampu mengatur dan menjaga waktu sebaik-baiknya
9. Nafiun Lighairihi
    Berarti setiap muslim harus bermanfaat bagi lainnya
10. Mujahidun Linafsihi
    Berarti setiap muslim memiliki tekad kuat dan mampu dalam memerangi hafa nafsunya.

Semoga apa yang menjadi hajat kita selama 1 periode ini dapat terkabulkan semuanya ..
Aaamiin.


Kontributor : Budiman








     

1 komentar:

GEMA RAMADHAN (Kajian Bersama Laziz Al-Haromain Bangkalan)

Meningkatkan Iman, Bukan Hanya Resolusi Ramadhan 👳🏻‍♂️ Ust. Moh. Sofa Faudi, S.Psi. • Iman artinya meyakini dalam hati, mengucapkan dengan...